Rabu, 29 September 2010

Deskripsi Tanaman Jatropha curcas L.

Deskripsi Tanaman

Jatropha curcas L. atau jarak pagar, adalah sebuah pohon semak atau kecil dengan tinggi sampai 5 m dan merupakan family Euphorbia. Jenis Jatropha berisi sekitar 170 spesies yang dikenal.
Nama Jatropha berasal dari jatrós (Yunani) yang berarti dokter,dan trophé (makanan), yang berarti obat yang digunakan. Pagar adalah nama umum untuk jarak pagar di Malabar, India.
Tanaman ini ditanam sebagai tanaman pelindung (pagar hidup) oleh petani di seluruh dunia, karena tidak dirusak oleh hewan.

Deskripsi Botani

Nama Umum : Barbados Nut, Purging Nut Tree, Black Fomit Nut

Nama Sains : Jatropha curcas L




Jatropha curcas L. dengan cabang berbulu tebal. Pohon ini memiliki batang tebal berwarna hijau dengan dasar kayu atau abu-abu atau berkulit kemerahan, tertutup oleh bercak putih besar. merupakan semak yang besar dengan tinggi mencapai 6 m dan bergelombang. Berwarna hijau dengan dasar kayu, dan bunga-bunga kuning-hijau mencolok.

Buah berbentuk bulat panjang sekitar 2,5 mm dan mengandung biji hitam ketika masak.

Memiliki daun hijau dengan panjang dan lebar 6 sampai 15 cm, dengan 5 sampai 7 lobus dangkal. Daun diatur secara bergantian. Dormansi adalah disebabkan oleh fluktuasi curah hujan dan suhu / cahaya. Tapi tidak semua pohon merespon. Dalam tanaman pelindung, mungkin memiliki cabang tanpa daun, dan di samping itu penuh dengan daun hijau.

Cabang-cabang mengandung lateks putih, yang menyebabkan noda coklat, yang sangat sulit terhapus. Biasanya, lima akar terbentuk dari biji: satu tekan akar dan 4 akar lateral. Tanaman dari potongan mengembangkan akar hanya lateral. Perbungaan terbentuk pada cabang. Merupakan tanaman berumah satu dan bunga berkelamin tunggal. Penyerbukan dilakukan dengan bantuan serangga. Setelah penyerbukan, buah ellipsoid trilocular terbentuk. Exocarpium tetap berdaging sampai benih tersebut matang. Benih hitam dan dalam rata-rata 18 mm (11 -30) dan 10 mm lebar (7 - 11). Berat biji (per 1000) adalah sekitar 727 g, ini adalah 1375 biji per kg di rata-rata. Kehidupan-span tanaman jarak pagar lebih dari 50 tahun.

Varietas
Keragaman jarak di Nikaragua telah buah lebih sedikit, tetapi lebih besar.
Hasil per ha tampaknya sama. Berbagai varietas non-toxic ada di Meksiko yang digunakan untuk konsumsi manusia setelah pemanggangan. Tidak mengandung Phorbol ester. (varietas tak beracun dari Jatropha ini dapat menjadi sumber potensi minyak bagi manusia, dikonsumsi, dan kue benih dapat menjadi protein yang baik sumber manusia serta ternak ",. Becker et al, 1999).

Distribusi

Jatropha curcas berasal dari Cental Amerika. Dari Karibia, jarak pagar mungkin didistribusikan oleh pelaut Portugis melalui Cape Verde Islands dan mantan Guinea Portugis (sekarang Guinea Bissau) ke negara-negara lain di Afrika dan Asia. Hari ini dibudidayakan di hampir semua negara tropis dan subtropis sebagai perlindungan, tanaman pelindung di sekitar kebun dan ladang.

Ekologi

Jatropha curcas L adalah tanaman semak hijau yang umunya digunakan sebagai tanaman pagar di iklim tropis maupun subtropics. Pengobatan tradisional menggunakan ekstrak dari biji Jatropha (minyak kuning) termasuk sebagai purgative (pencahar), antipiretik, anthelmintik, pengobatan encok dan gonorrhea, suatu obat penahan darah untuk kontrol perdarahan lokal, agen kemoterapi untuk pertumbuhan kanker (root) dan diuretic.

Daftar Pustaka

Barceloux, Donald G. 2008. “Medical Toxicology of Natural Subtance:Foods, Fungi,Medicinal Herbs, Plants, and Venomous Animals”. New Jersey: John Wiley and Soms Inc.

http://www.underutilized-species.org/Documents/PUBLICATIONS/jatropha_curcas_ africa.pdf. diunduh pada 29 September 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar